Rabu, 21 September 2011

Bahan Ajar TIK : Teknik Pengamanan Data

Beberapa teknik pengamanan data yang ada saat ini adalah :
Firewall :
Digunakan untuk memisahkan sebuah jaringan komputer dengan jaringan internet. Firewall berfungsi untuk menyaring data yang masuk dan keluar jaringan.

Kriptografi :
Adalah seni menyadikan data. Data yang akan dikirim disandikan terlebih dahulu sebelum dikirim melalui internet. Data disandikan bertujuan agar apabila ada pihak-pihak yang menyadap pengiriman data, pihak tersebut tidak dapat mengerti isi data yang dikirm kerena masih berupa kata sandi. Ada dua proses kriptografi antara lain : proses enkripsi adalah proses mengubah data asli menjadi data sandi, sedangkan proses dekripsi adalah proses mengembalikan data sandi menjadi data asli. Data asli disebut plain teks, sedangkan data hasil penyandian disebut cipher teks.

Secure Socket Layer (SSL) :
Berfungsi untuk menyandikan data, dengan cara ini komputer-komputer yang berada diantara komputer pengiriman dan penerima tidak dapat lagi membaca isi data. Tidak ada komputer yang aman dari serangan hackers, crackers, spam dan virus komputer tetapi kita dapat menjaga jangan sampai jaringan tersebut mudah ditembus dan terus meningkatkan sistem keamanan data dan jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar