Selasa, 20 September 2011

Bahan Ajar TIK : Hardware Komputer

Beberapa Komponen / Hardware Komputer :

Komponen Input :
Komponen Input digunakan untuk memasukkan data dan program yang akan diproses di dalam komputer. Data yang dapat dimasukkan melalui alat input berupa huruf, angka, gambar, suara, audio, video dan gerakan. Komponen Input adalah sbb :
* Keyboard
* Mouse
* Joystick
* Trackball
* Trackpad
* Light Pen
* Barcode Reader
* Scanner
* Camera Digital
* Microphone
* Card Reader













Komponen Output :
Komponen Output merupakan alat tempat mengeluarkan hasil proses yang dilakukan komputer. Hasil proses tersebut berupa informasi yang dibutuhkan oleh pengguna komputer. Komponen Output adalah sbb :
* Monitor
* Plotter
* Speaker
* LCD / Proyektor
* Printer, terdiri dari :
# Dot Matrix
# Ink Jet
# Laser Jet










Komponen Penyimpanan :
Komponen Penyimpanan digunakan untuk menyimpan data, informasi dan program secara permanen. Komponen Penyimpanan disebut juga memory sekunder. Komponen Penyimpanan adalah sbb :
* Disket
* Harddisk
* Harddisk External
* Flashdisk
* CD / DVD ROM
* CD W (Writeable)
Mampu melakukan proses baca dan tulis, tetapi hanya dapat dilakukan sekali saja.
* CD RW (Rewriteable ) atau CD E (Eraseable)
Mampu melakukan proses baca dan proses tulis dapat dilakukan berulang kali, dengan
menghapus data pada CD tersebut.
* Zip Drive
* Pita Magnetik
* Memory Card














Komponen Peripheral
Merupakan peralatan tambahan yang dapat meningkatkan kinerja komputer. Perangkat tambahan ini terdiri dari perangkat input, output dan proses. Biasanya dipasang dalam slot yang telah tersedia di motherboard komputer. Komponen Peripheral terdiri dari :
LAN Card
LAN Card biasa disebut NIC (Network Interface Card) berfungsi untuk membentuk sebuah jaringan lokasl yang disebut LAN (Local Area Network).


VGA Card
VGA Card merupakan pendukung grafis yang mebuat penampilan di monitor menjadi lebih bagus. VGA Card biasanya sudah menjadi saru dengan motherboard dan memiliki memory tidak lebih dari 32 MB.


Card Reader
Merupakan alat yang digunakan untuk membuka memori, seperti Multimedia Memory Card (MMC), Secure Digital (SD), Extrem Digital (xD), Memory Stick dan Compact Flash.


Wireless Network Adapter
Merupakan perangkat keras yang digunakan untuk koneksi jaringan. Wireless Network Adapter ini ada 2 macam : Wireless Network Adapter yang dipasang pada slot PCI Motherboard dan Wireless Network Adapter yang dipasang pada port USB.



PC Camera
Atau lebih dikenal dengan Web Camera (WebCam) meruapakan alat yang digunakan untuk mengirim video ke orang lain secara real time melalui jaringan komputer bersamaan dengan Yahoo Massenger sehingga kita berkomunikasi secara langsung.


Modem (Modulator Demodulator)
Modem merupakan salah satu perangkat untuk mengakses internet yang paling utama. Fungsi Modem adalah merubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya dari kabel telpon, sehingga komputer dapat terhubung dengan internet.


Sound Card
Merupakan perangkat yang digunakan untuk menghasilkan suara.


TV Tuner Card
Merupakan perangkat yang digunakan untuk menampilkan channel televisi. Prinsip kerjanya sama seperti televisi pada umumnya.


Capture Card
Merupakan perangkat yang berfungsi untuk merekam ganbar dari VCD/DVD dan HandyCam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar