Rabu, 21 September 2011

Bahan Ajar TIK : Aplikasi Internet

Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan komputer.

Aplikasi Internet terdiri dari :
Word Wide Web (WWW) :
WWW atau Web merupakan aplikasi yang banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting. Aplikasi Web saling mempertukar informasi dalam format dokumen khusus yang disebut dengan hypertext atau hypermedia. Karena format hypertext memungkinkan menyimpan berbagai bentuk seperti : teks, gambar, gambar bergerak / video dan suara.

Surat Elektronik (E-Mail) :
Adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Selain mengirimkan pesan, Email juga dapat digunakan untuk mengirim file-file dokumen, gambar, video, suara dan lain sebagainya.

Mailing List (Milis):
Adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui Email.

Newsgroup :
Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain dalam sebuah forum. Newsgroup seperti sebuah bulletin board, setiap orang bebas menempelkan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain yang tergabung dalam kelompok tersebut.

Internet Relay Chat (IRC) :
Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Bercakap-cakap di internet diistilahkan juga Chatting.

File Transfer Protocol (FTP) :
Adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain. FTP sering digunakan untuk mengunduh atau download file dokumen di sebuah server di internet.

Telnet :
Adalah aplikasi yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan apabila mempunyai alamat IP (Internet Protocol) dari komputer yang akan diakses dan juga hak akses (user ID dan password) ke komputer tersebut.

Gopher :
Adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet.

Ping (Paket Internet Gopher):
Adalah aplikasi yang digunakan untuk mengetahui apakah komputer sedang digunakan mempunyai hubungan (terkoneksi) dengan komputer lain di internet.

VoIP (Voice Internet Protocol) :
Adalah sebuah teknologi yang memungkinkan data suara dikirmkan melalui internet. VoIP dimungkinkan kamu dapat berbicara langsung dengan orang lain di tempat yang jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar