Selasa, 20 September 2011

Bahan Ajar TIK : Jaringan Komputer

I. Definisi Jaringan Komputer :
Suatu kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan atau dapat juga didefinisikan sebagai suatu interkoneksi dari beberapa sistem komputer yang berada dalam lokasi yang berbeda.

Macam-macam Jaringan Komputer :
a. Local Area Network (LAN) :
Merupakan sejumlah komputer dengan perangkat pendukungnya, seperti printer yang terhubung dan saling berkomunikasi dalam area tertentu yang berukuran sampai beberapa kilometer, misalnya di dalam suatu kantor, gedung, sekolah atau kampus. Tipe jaringan LAN ada 2 tipe yaitu :
Pear to Pear : Kedudukannya sama antara komputer. Komputer terdiri dari 2 komputer.
Client / Server Network : Kedudukannya berbeda salah satu sebagai Server dan salah satunya sebagai Client. Komputer terdiri dari > dari 2 komputer.




b. Metropolitan Area Network (MAN) :
Dasarnya merupakan versi LAN, yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN merupakan jaringan dalam skala besar yang menghubungkan beberapa LAN. Dalam satu wilayah atau propinsi.

c. Wide Area Network (WAN) :
Merupakan dua atau lebih LAN yang terhubung satu sama lain. WAN jangkauannya mencakup geografis yang luas yaitu sebuah negara bahkan antar benua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar