Selasa, 18 Oktober 2011

Bahan Ajar TIK : Internet Service Provider (ISP)

Internet Service Provider (ISP) atau yang dikenal dengan istilah penyelanggaraan jasa internet merupakan perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan.
Sifat-sifat ISP terbagi menjadi 2 yaitu :
1. ISP tertutup, merupakan ISP yang memberikan layanan akses internet hanya pada jaringan loka dalam lembaga yang bersangkutan, misalnya ISP pada Universitas Gajah Mada.
2. ISP terbuka, merupakan ISP yang memberikan layanan akses internet kepada masyarakat laus, misalnya Telkom, Indosatnet dan CBN. ISP berfungsi untuk memberikan layanan akses Internet bagi instansi pemerintah, swasta dan perorangan.

Berdasarkan kebutuhan informasi yang cepat, ISP berusaha memberikan layanan maksimal, yang meliputi :
1. Dial-Up, merupakan layanan akses Internet menggunakan Modem dial-up yang terhubung dengan line telpon
2. Mobile Access, merupakan layanan akses Internet melalui telpon seluler atau handphone. Layanan ini memberikan kemudahan dalam mengakses Internet dimanapun dan kapanpun di dalam wilayah operator telpon seluler.
3. Hotspot, merupakan layanan akses Internet pada lokasi tertentu, mislanya di kampus, mall dan kafe. Koneksi ini menggunakan teknologi Wi-Fi yang sudah ada pada lapotop atau notebook.
4. Wireless, merupakan layanan akses Internet tanpa kabel. Teknologi ini pengguna tidak dikenakan biaya telpon, melainkan biaya pemakaian internet, mislanya WiMax.
5. Dedicated Connection, merupakan layanan akses Internet selama 24 jam untuk setiap harinya. Layanan akses ini sudah menggunakan kabel serat optik, jaringan televisi kabel, wireless, satelit serta telpon rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar