Selasa, 18 Oktober 2011

Bahan Ajar TIK : Mengenal Web Browser

Web Browser merupakan perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web browser yang populer antara lain Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan GooleChrome. Web browser termasuk ke dalam user agent yang paling sering digunakan. Sedangkan web sendiri merupakan sekumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web.
Beberapa contoh browser untuk komputer yang bisa kita gunakan adalah Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan GooleChrome, sedangkan contoh PDA atau ponsel adalah Internet Explorer for Mobile, Sky Fire Mobile, Opera Mobile, Nokia Series 40 Browser, safari (yang terpasang pada perangkat iPhone). Masing-masing browser tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. namun pada dasarnya memiliki kemampuan yang sama, yaitu untuk mengakses website dan menampilkan isi dari wibsite tersebut.
Beberapa Software yang dapat digunakan dalam komunikasi sosial :
1. Software Komunikasi :
Software Komunikasi adalah software yang digunakan untuk melakukan komunikasi antar pengguna internet diseluruh dunia. Kita dapat berkomunikasi dengan orang lain layaknya sebuah pertemuan langsung, meskipun jaraknya sangat jauh. Kita bisa melakukan obrolan dengan orang lain dengan fasilitas Chatting., jika komputer kita didukung oleh peralatan yang canggih, seperti webcam atau headset, kita bisa melakukan komunikasi secara virtual melalui internet.
2. Software Email :
Software email adalah software yang berfungsi seperti kantor pos pribadi. Software ini dapat menerima surat elektronik (email) ataupun mengirim email. Dengan software ini kita dapat melakukan aktifitas surat menyurat secara online melalui jaringan internet. Salah satu contoh software email adalah Microsoft Office Outlook yang diproduksi oleh Microsoft.
3. Software Transfer File :
Software ini sering disebut sebagai aplikasi FTP (File Transfer Protocol). Software ini digunakan sebagai alat transfer data atau file ke tempat penyimpanan tertentu. Biasa digunakan oleh para administrator website untuk melakukan download dan upload file aplikasi FTP bekerja seperti Windows Explorer yang mengatur tata letak file kita di tempat penyimpanan. Beberapa contoh aplikasi FTP adalah WS-FTP dan FileZilla.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar