Selasa, 18 Oktober 2011

Bahan Ajar TIK : Penggolongan Komputer Berdasarkan Kapasitas & Ukurannya

Perlu diketahui bahwa komputer tidak dibedakan kemampuannya berdasarkan ukuran fisiknya. Komputer yang kecil bentuknya bukan berarti kecil pula kemampuannya. Bebrapa penggolongan Komputer berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya adalah sbb :
1. Tower (menara), biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja, karena ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja. Komputer ini biasanya banyak memiliki ruang didalamnya dan banyak memiliki expansion slot (tempat untuk memasang card tambahan), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.


2. Destop (meja), adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari tower, tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk lain.


3. Portable (mudah dibawa-bawa), adalah komputer dengan ukuran sedikit lebih kecil dari destop, karena bagian-bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja, sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Komputer ini ditujukan bagi pemakai yang seringbertugas dilapangan, misalnya insinyur yang bertugas menyelesaikan satua rumah atau penelitian ayng mengumpulkan data yang jauh dari kantornya. Komputer ini kurang populer karena relatif berat dan besar


4. Notebook (buku catatan), adalah komputer yang ukurannya sebesar buku. Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kertas kuarto, yaitu 8 1/2 x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 1/2 inci dan beratnya antara 4 sampai 6 Kg.


5. Subnotebook, adalah komputer yang ukuran ada diantara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari nootebook karena ada sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive.


6. Palmtop, adalah komputer yang dapat digenggam, karena ukurannya yang sangat kecil. Komputer ini sering disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik, melainkan baterai kecil biasa (ukuran AA). Kelemahan dari komputer ini adalah layarnya yang terlalu kecil dan keyboardnya sedikit lebih kecil dari ukuran standar, sehingga menyulitkan pemakai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar